Newsletter subscribe

MUSIC

Semarang Senja ala Banikata

Posted: March 11, 2020 at 8:33 am   /   by   /   comments (0)

Christofer Emmanuel adalah sosok dibalik Banikata. Ia memulai kiprahnya di belantika musik Indonesia melalui perilisan single “Semarang Senja”. Dengan bantuan beberapa teman semasa SMA dan Kuliah, ia menghidupkan kembali rasa cintanya kepada Semarang dengan merilis ulang “Semarang Senja”, sebuah lagu yang pernah direkamnya semasa kuliah medio 2014 silam. Lagu ini juga tidak lepas dari tangan dingin Gian Van Den Bos (Red Voqus) sebagai produser dan direkam serta dipoles oleh Dimas Pradipta dari Sum It! Studio serta dituangkan melalui visualisasi yang khas dari Mikael Aldo.

Kecintaannya terhadap kota Semarang dituangkan dalam sebuah lagu yang didedikasikan khusus untuk kota tercintanya. Christofer membuktikan bahwa ikatan batin mahluk hidup dengan sebuah tempat terlepas darimana ia di lahirkan. Kota lama melayangkanya melayangkannya pada sebuah kenangan, nikmati lagi kisah roman yang pernah ada dan mengulang manis berpelesir di Ibukota Jawa Tengah itu. Ketika beberapa kota di Indonesia telah diabadikan dalam sebuah lagu, Ia ingin mencatat Semarang dengan segala keindahannya dalam sebuah lagu.

Dalam kesehariannya, Ia juga berprofesi sebagai jurnalis di sebuah stasiun televisi swasta. Namun kecintaanya terhadap musik memang tidak bisa sirna begitu saja. Dalam penulisan lagu ini, Christofer memilih Banikata sebagai nama yang akan menjadi wadah untuk memuaskan hasrat seni nya. Banikata sesungguhnya terambil dari 2 suku kata, “Bani’, dan “Kata”. “Bani” yang memiliki arti “keturunan, penerus, anak-anak manusia” dan “Kata” yang memiliki arti harafiah sebagai alat untuk saling bertutur dan berkomunikasi.

Banikata memiliki makna sebagai “penerus kata-kata”. Ini juga tidak lepas dari latar belakang Christofer sebagai lulusan Sastra Indonesia Universitas Diponegoro. Ia mulai tertarik dengan dunia literasi sejak duduk di bangku SMA. Melalui lirik-lirik yang Ia tulis, Ia ingin membagikan kisahnya kepada siapa saja yang mendengarkan musiknya. Kisah yang diangkat dalam setiap liriknya merupakan pengalaman pribadi, karena Ia percaya pasti ada orang diluar sana yang memiliki rasa atau pengalaman serupa, dan Ia ingin berbagi kisah itu. Karya-karya yang akan dirilis dalam waktu mendatang juga tak lepas dari rasa ingin berbagi.

For More Info:

Instagram: @banikata_

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website