Newsletter subscribe

SEART-B(H)UTAN

Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Ekonomi Anak Muda

Posted: March 27, 2020 at 11:11 am   /   by   /   comments (0)

Mewabahnya virus corona berimbas pada berbagai sektor ekonomi. Tak terkecuali unit Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) seperti kedai kopi dan kedai kuliner yang terancam gulung tikar.

Pasalnya, UMKM khususnya di usaha food and beverage (F&B) tersebut akan langsung merasakan dampak dari imbauan agar masyarakat mengurangi tempat-tempat keramaian. Pemerintah menginstruksikan masyarakat untuk melakukan social distance dengan bekerja dan belajar dari rumah, selama masa darurat COVID-19 setidaknya sampai 29 Mei 2020.Bahkan itu pun ada kemungkinan untuk diperpanjang.

“Teman-teman pelaku usaha makanan, kedai kopi dan sebagainya itu sudah mengalami penurunan sales sebesar kurang lebih 30 persen di beberapa hari ini semenjak adanya informasi sudah masuknya virus COVID-19 di Indonesia,” ujar Iday. Yang merupakan salah satu pemilik usaha Seblak Cendana di Jalan Cendana No.11 Kota Bandung.

Iday menambahkan, lesunya usaha kedai kopi hingga kedai makanan tersebut akan menyebabkan pendapatan di akhir bulan menurun. Imbasnya, biaya operasional untuk bulan selanjutnya tak tertutup dan bisa berdampak pula saat nanti memasuki bulan Ramadhan dan lebaran.

Dari pantauan Redaksi Wartakini di Kantin Cendana, Kamis (26/03/2020) aktivitas pengunjung pun sangat lengah. Kantin dengan konsep Foodcourt dengan tenant Seblak Cendana, Kedai Kopi Kopweh, Nasi Goreng Cendana, Dimsum Ali, Nasi Pecel Cendana serta Bakso Cuanki Ceria ini biasanya mulai dibuka jam 8 pagi hingga jam 1 dini hari dan biasanya di sore hari di padati oleh pengunjung kini sepi.Hanya beberapa penjung dan driver online saja yang masih tambak beraktivitas.

“Mudah-mudahan Wabah Virus ini bisa segera selesai dan kita semua bisa kembali normal lagi beraktivitas karena kalau ini terus maka akan timbul lagi masalah baru, terutama bagi teman-teman sesama pedagang dan teman-teman yang bekerja sebagai driver online ataupun yang lainnya yang pasti sangat terpengaruhi dari dampak Social Distancing dan keberadaan Virus Covid-19. Mudah-mudahan kita semua bisa selalu diberi kesabaran dan kekuatan menjalani masa-masa ini” tegas Iday.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website