Newsletter subscribe

ROCKZONE

Startup Edtech yang Memanfaatkan Peluang di Tengah Pandemi COVID-19

Posted: April 3, 2020 at 11:43 pm   /   by   /   comments (0)

Pandemi COVID-19 yang terkonfirmasi di Indonesia sejak awal Maret 2020 telah mengubah banyak hal. Dengan jumlah orang atau pasien dalam pengawasan yang terus bertambah, pemerintah pun mengeluarkan imbauan agar para anggota masyarakat membatasi interaksi dan melakukan jaga jarak (social distancing).

Tak terkecuali dalam urusan belajar-mengajar. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah merekomendasikan kegiatan belajar jarak jauh guna menghentikan penyebaran virus pada lebih dari 290 juta pelajar di seluruh dunia.

Rekomendasi itu ditindaklanjuti oleh sejumlah pemerintah daerah di Indonesia, seperti Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Tengah, hingga Jawa Barat dan Banten. Mereka telah mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh bagi para pelajar hingga akhir Maret 2020. Ujian Nasional pun akhirnya ditiadakan.
Peluang dari perubahan kebiasaan

Di tengah krisis kesehatan seperti ini, kebijakan pembelajaran jarak jauh jadi peluang tersendiri bagi perusahaan teknologi yang menawarkan solusi di bidang pendidikan (edtech). Di Cina, pemerintahnya mengarahkan perusahaan teknologi seperti Baidu, Huawei, dan Alibaba untuk berkolaborasi dengan perusahaan telekomunikasi demi memfasilitasi pendidikan online bagi 180 juta pelajar di negeri tersebut.

Praktik serupa juga dilakukan perusahaan teknologi pendidikan dan telekomunikasi nasional yang bersinergi demi memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Setidaknya, kini tiga operator telekomunikasi terbesar di Indonesia telah bekerja sama dengan platform edtech. Mereka adalah Telkomsel, Indosar Ooredo, dan XL Axiata.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website