Newsletter subscribe

SEART-B(H)UTAN

TikTok Ditegur Atas Pelanggaran Hak Privasi Anak-anak

Posted: May 18, 2020 at 12:59 am   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.ID – Aplikasi video milik Cina yang kontinyu digandrungi masyarakat, TikTok, kemungkinan dapat melanggar privasi anak-anak dan membahayakannya, menurut berbagai advokat yang memperingatkan mereka.

Koalisi yang mencakup 20 kelompok, termasuk Campaign for a Commercial-Free Childhood and the Center for Digital Democracy, telah mengajukan keluhan pada Kamis lalu dengan Federal Trade Commission (FTC) dengan mengatakan bahwa TikTok sedang mengumpulkan informasi pribadi anak-anak di bawah usia 13 tahun tanpa persetujuan orang tua mereka.

TikTok belakangan ini popularitasnya meroket tinggi di kalangan muda berkat gaya aplikasinya yang konyol, penuh fitur lucu serta mudah digunakan. Tapi aplikasi ini juga kerap mendapat sorotan dari pejabat Amerika Serikat (AS) yang khawatir tentang risiko keamanan nasional karena kepemilikan Cina dan popularitasnya dengan kaum muda.

TikTok membayar denda yang sangat mahal kepada FTC pada tahun 2019 karena mengumpulkan informasi pribadi dari para ABG dan telah melanggar Undang-Undang Children’s Online Privacy Protection Act. Sejak itu perusahaan ini telah mengubah aplikasi mereka dengan mode terbatas untuk anak-anak.

Tetapi kelompok yang mengajukan keluhan mengatakan bahwa anak-anak dapat dengan mudah menggunakan TikTok tanpa persetujuan orang tua mereka. Anak-anak dapat mendaftar dengan tanggal lahir palsu untuk menggunakan versi dewasa penuh dari aplikasi China ini, “menempatkan mereka dalam risiko untuk penggunaan data komersial aplikasi ini dan kontak yang tidak pantas dari orang dewasa,” ujar kelompok itu dalam rilisan pers bersamanya.

TikTok menggunakan data yang dikumpulkannya dari para pengguna, seperti lokasi mereka, apa yang ada dalam pesan mereka dan video apa yang mereka tonton, untuk mencari tahu video baru apa yang akan ditampilkan kepada mereka dan untuk memunculkan iklan yang ditargetkan.

FTC mengatakan bahwa mereka telah menerima pengaduan dari para advokat itu tetapi tidak punya komentar apa-apa mengenainya.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website