Newsletter subscribe

GIGS

Rock In Celebes Gulirkan Program Online

Posted: May 31, 2020 at 8:54 pm   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.ID – Selain banyak hal lain yang esensial, berbicara akan industri kreatif di Sulawesi, satu yang mungkin terlintas di kepala adalah sebuah festival musik bernama Rock In Celebes. Festival musik ini bisa dibilang menempatkan Sulawesi Selatan khususnya dalam peta kancah musik nasional. Rock In Celebes adalah festival musik di Sulawesi yang memiliki reputasi yang telah diakui. Salah satunya ketika sempat mendapat sorotan khusus dari majalah Rolling Stone sebagai perhelatan musik yang berkelas di luar pulau Jawa.

Dan, tahun 2019 lalu adalah momen yang spesial bagi Rock In Celebes karena festival musik itu merayakan tahun ke-10 penyelenggaraannya. Sebelumnya, otak dari pagelaran musik akbar ini Hardinansyah Putra Siji – yang biasa dipanggil Ardy Siji – menyatakan dirinya dan tim telah mengorganisir 30 seri music showcase bernama Chambers Show secara reguler. “Kami merasa kita sebagai anak lokal bisa promotorin sendiri sebuah event berskala festival di kota sendiri. Apalagi kami sudah menyelenggarakan event reguler berupa gigs dan showcase rutin hampir 10 tahun.” Papar founder dan CEO Rock In Celebes ini akan kenapa kemudian ide untuk Rock In Celebes digulirkan.

Kerja sebagai promotor festival musik – apalagi dalam skala seperti Rock In Celebes – tak ayal lagi jelas tidak lah mudah. Banyak aspek dan dinamika yang harus disiasati dalam pelaksanaannya. “Tantangan paling besar adalah bagaimana mendapatkan kepercayaan dari orang banyak dan membuat konsistensi festival ini terjaga,” terang Ardy.

Di saat ini, salah satu kondisi yang sangat berpengaruh dan menantang adalah pandemi virus corona yang dampak terbesarnya dirasakan oleh para penyelenggara acara musik. Rock In Celebes yang bergerak di ranah itu juga tidak berdiam diri.

Untuk bisa mengakali situasi dan agar tetap bisa terhubung dengan pendukung setianya, Rock In Celebes meluncurkan program ‘Rock In Celebes at Home and Online’. Program inovatif ini akan menayangkan video-video arsip dokumentasi pertunjukan dari beberapa band favorit yang pernah tampil di Rock In Celebes melalui kanal YouTube resminya.

Selain itu, program ini juga menampilkan secara online para artis atau band lokal unggulan dalam penampilan langsung di Facebok Page Rock In Celebes. Tak berhenti disitu, sesi tanya jawab dengan para pelaku kreatif dari berbagai sektor akan dihadirkan secara langsung lewat akun Instagram Rock In Celebes. Beragam topik akan dibahas termasuk soal kelangsungan ekosistem event dan festival di masa yang rumit sekarang ini.

“Sebenarnya ide ini sudah muncul sejak kami merencanakan publikasi dokumentasi perhelatan Rock In Celebes 2019 pada November tahun lalu. Akan ada waktu khusus dari kami yang akan membuat program dan merilis arsip video ini secara online. Karena kondisi saat ini orang-orang lagi karantina di rumah karena Covid-19, jadi kami ya sudah dikondisikan untuk dipercepat saja.” Terang Ardy akan program ‘Rock In Celebes at Home and Online’ yang akan berlangsung dari tanggal 28 Mei hingga 6 Juni 2020.

Membahas akan rencana Rock In Celebes 2020, Ardy menyatakan semua persiapan sudah dilaksanakan. “Kami sudah booking venue bahkan dari akhir tahun lalu. Dan sudah diumumkan beberapa hari setelah penyelenggaraan Rock In Celebes 2019. Sejauh ini masih terjadwal sesuai tanggal yang sudah diumumkan yaitu tanggal 14-15 November 2020. Beberapa artis pun sudah kami booking. Materi promosi juga sudah disiapkan.” Terangnya akan preparasi yang masih coba digulirkan sesuai perencanaan, walau timnya jelas harus tetap mempersiapkan rencana taktis mengingat kondisi yang belum jelas sekarang ini.

Jelas besar harapan agar kondisi pandemi yang penuh tantangan ini bisa dilewati, tapi sementara ini ada baiknya jangan lewatkan program ‘Rock In Celebes at Home and Online’. Pantau informasi dan jadwalnya di akun Instagram resmi Rock In Celebes agar bisa mengikuti semua program spesial yang telah disiapkan.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website