Newsletter subscribe

MOVEMENT

Roadblock Dub Collective rilis “Sepinggungan” & “Russ”

Posted: June 22, 2020 at 9:35 pm   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.ID – Setelah melakukan premiere pada 17 Juni lalu di roadblock.id, duo musisi dub asal Lampung, Sumatera Selatan, Roadblock Dub Collective, hari ini resmi merilis dua lagu terbarunya melalui kanal musik digital. Lagu “Sepinggungan” menampilkan kolaborasi dengan Terranova (Anjing Dub, Bandung) dan “Russ” dengan veteran hip-hop internasional, Oddateee (New York, AS/Lyon, Perancis).

“Sepinggungan dalam bahasa Lampung berarti kebersamaan, yang menjadi spirit kami dalam berkarya. Hal ini pula yang ingin kami serukan, karena dalam situasi saat ini, kebersamaan dan solidaritas menguatkan kita untuk dapat melalui semua persoalan,” ujar Yulius Samiaji. Oleh karena itu lagu tersebut didedikasikan untuk merawat semangat kebersamaan di saat individu saling menjaga jarak.

Pelaksanaan PSBB selama pandemi COVID-19, tidak menyurutkan semangat personil Roadblock Dub Collective, Yulius Samiaji dan Hidayat Surodijoyo, untuk menyelesaikan kedua lagu ini secara jarak jauh bersama musisi kolaborator dan tim produksinya. “Kondisi ini membuat kami tertantang untuk dapat melahirkan karya yang dilandasi semangat kebersamaan. Dengan dukungan teknologi, jarak bukan lagi halangan,” tutur Hidayat Surodijoyo.

Lagu “Sepinggungan” adalah kisah perjalanan semesta menuju fase yang lebih baik, disajikan dalam balutan nuansa perayaan adat Lampung yang meriah berpadu dengan irama riang musik Jamaika. Sedangkan “Russ” didominasi petikan gitar tunggal Lampung bernada minor, synthesizer a la musik era 80-an dan irama reggae, disempurnakan oleh rap Oddateee. Oddateee telah banyak berkolaborasi dengan para musisi, salah satunya dengan High Tone, band dub asal Perancis yang cukup berpengaruh bagi musik Roadblock Dub Collective.

Kedua lagu ini juga menjadi penanda perjalanan musik Roadblock Dub Collective selama satu dekade dan langkah mereka berikutnya dalam berkarya. Single perdana mereka “Youth Culture” dirilis pada tahun 2010, kemudian disusul dengan album kompilasi “Youth Culture RMX”. Pada Record Store Day 2015, mereka merilis mixtape “Dubtonator”, single “Youth Culture (Sleng Teng Version)” dan CD single “Mukadimah/Rua Jurai Echoes” di tahun 2016 dalam jumlah terbatas. Karya Roadblock Dub Collective juga dapat ditemui dalam album kompilasi “Compilado 5 Años” (Inbassion, Bogota, 2017) dan “Nusantara Dub” (Dub House, Bandung, 2019).

Kontak Media
Untuk wawancara dan informasi lebih lanjut mengenai Roadblock Dub Collective, dapat menghubungi:

Pers & Media – 100.000 Recs
Email: seratusriburecs@gmail.com
Dindie (Jakarta) +6281385177359 (WA only)
James (Baltimore) +6281311192348 (WA only)

Business Manager
Ardian Septico (Business Manager)
Email : roadblockdubcollective@gmail.com
Tel. +62812-9278-0730

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website