Newsletter subscribe

MUSIC

Tujuh Tahun Absen Karya, The SIGIT Rilis Single Another Day

Posted: August 4, 2020 at 7:51 pm   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.ID – . Setelah tujuh tahun tidak merilis karya, The SIGIT akhirnya melepas single anyar bertajuk Another Day yang bakal jadi pembuka jalan untuk album baru. Selain sebagai jawaban atas penantian panjang, melalui “Another Day,” The SIGIT memberikan sinyal akan banyaknya kemungkinan pada materi-materi lagu baru yang disajikan pada album penuh yang akan datang. Another Day lekat dengan eksplorasi kelima personil yang solid dari awal pembentukan band. Yakni Rektivianto Yoewono (vokal, gitar), Farri Icksan (gitar, synthesizer), Aditya Bagja (bass), dan Donar Armando (drums). Selain peran kelima personil, Absar Lebeh dari Mooner pun turut dilibatkan dalam penggarapan single ini.

Hampir dua dekade perjalanan bermusik tentu bukan waktu yang sebentar, banyak peristiwa dan pengalaman yang terjadi. Seiring dengan petualangannya di industri musik, agaknya The SIGIT berupaya memberi nuansa baru dalam lagu ini. Materi lagu dengan durasi 3.57 menit ini tak ada tanda-tanda klise, semuanya terasa segar. Inilah yang benar-benar ditunggu oleh orang banyak, mereka seakan mengerti harus memberikan sesuatu yang terbaik bagi banyak orang untuk mengobati kerinduan yang mendalam atas karya The SIGIT.

Dengan suara gitar akustik pada intro lagu barangkali kamu bisa membayangkan petualangan Michael Corleone di Sisilia. Sebelum akhirnya dihentak dengan gebukan drum yang konstan dan riff gitar yang gahar, yang secara simultan mengantarkan sekaligus menemani suara Rekti yang khas dengan lirik yang cukup menyentil, These things are beautiful/don’t think they’re reachable. Groove yang dinamis dengan ornamen manis dari keyboard membuat lagu ini tak jemu untuk diputar berulang-ulang. Belum lagi ditambah dengan ornamen dari synthesizer yang mustahil untuk diabaikan. Bentang suara psychedelic rock masih menjadi keniscayaan yang dipertahankan pasca album Detourn tujuh tahun lalu.

Jeda menjelang akhir lagu, dengan sentuhan trumpet dan suara misterius seorang perempuan seakan mengantarkan kita pada ingatan-ingatan lain sebelum akhirnya benar-benar diakhiri dengan lirk Another Day, Another Sunshine/ Another Day, Another Mindset yang dirapalkan Rekti berulang-ulang. Lirik lagu yang secara eksplisit memberikan harapan dan semangat kebaruan ini menjadi energi lain dari Another Day. Nuansa gelap tetap tersaji, namun sangat bisa dinikmati. Apalagi di tengah masa pandemi dan keadaan serba tak pasti macam sekarang.

Single Another Day sudah bisa didengarkan di semua platform musik digital. Sementara, rencananya format fisik akan dirilis secara eksklusif dan terbatas, satu paket dengan merchendise pendukungnya. Apakah Another Day merupakan cetak biru sekaligus sinyal dari proyek album yang sedang dikerjakan? Kita nantikan saja.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website