Newsletter subscribe

GIGS

Sebuah Sajian Festival Musik Daring “KalaSvara Festival”

Posted: August 5, 2020 at 11:17 pm   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.ID – Apa yang bisa dilakukan oleh festival pertunjukan di masa pandemi? Lalu bagaimana sebuah pertunjunkan seni harus berjalan ketika ada sebuah kerumunan malah justru dinilai sebagai hal yang membahayakan bagi manusia? Apa kah saat ini pertunjukan seni sudah kehilangan makna di masa pandemi ini? Apakah sampai saat ini sudah ada sistem yang mengatur bagaimana lancarnya ekosistem seni di tengah pandemi yang menerpa? Sampai sekarang berbagai pertanyaan-pertanyaan tersebut tidaklah mudah untuk bisa dijawab.

Akan tetapi, diam dan menyalahkan berbagai keadaan juga tidak bisa menjadi sebuah solusi. Walau masa pandemi masih belum benar-benar usai, dengan semangat para pekerja seni untuk bisa terus hidup di tengah masa sulit, maka Hectic Creative dan Oka Creativa mencoba bergerak dengan menyelenggarakan festival konser daring bertajuk “KalaSvara Festival” yang akan dilaksanakan pada 7 Agustus 2020.

Retrospeksi

Sudah hampir lebih dari empat bulan setelah wabah virus Covid-19 mulai merebak dan ditetapkan menjadi pandemi global, sampai saat ini semua aspek multidimensi di seluruh dunia telah terdampak. Aspek seni musik, menjadi salah satu ekosistem yang paling terdampak dari pandemi ini. Lebih dari ribuan panggung yang telah direncanakan, berbagai penyelenggaraan acara kegiatan publik yang diselenggarakan pada tahun ini telah mengalami penundaan atau bahkan pembatalan.
Pada tahun 2020 ini, pihak Hectic Creative dan Oka Creativa sebagai penyelenggara acara sebenarnya akan menyelenggarakan berbagai panggung-panggung hiburan di beberapa kota di Pulau Jawa. Namun, karena kondisi semakin tidak terkendali, maka pihak Hectic Creative dan Oka Creativa memutuskan untuk menunda penyelenggaraan panggung-panggung hiburan tersebut.

Menariknya selama masa karantina demi mencegah persebaran virus Covid-19, ternyata kegiatan untuk menyelenggarakan acara tidak berhenti total. Banyak penyelenggara acara memanfaatkan masa karantina ini untuk belajar hal baru yang sebelumnya hampir tidak pernah dilakukan. Mencoba untuk memanfaatkan teknologi daring digital, melakukan adaptasi, dan selalu menciptakan karya.

Hal itulah yang selalu melekat di karakter para pekerja di industri seni Tanah Air yang selalu bisa memanfaatkan kondisi sebaik mungkin untuk bisa menjadi pribadi yang berguna bagi orang lain.

“KalaSvara Festival”

Tidak perlu menunggu pandemi harus benar-benar usai, para pekerja industri seni harus bisa bergerak dengan taktis. Masyarakat khususnya para pekerja seni di industri seni harus bisa memanfaatkan kondisi dengan tata kebiasaan hidup baru. Maka dari pada itu, Hectic Creative dan Oka Creativa memutuskan untuk mengadakan festival musik dengan cara yang berbeda dari biasanya di minggu pertama di bulan Agustus.

“Acara ini sebenarnya kami mencoba untuk mempersiapkan jika konser off-air diadakan kembali, namun tetap dengan protokol kesehatan yang berlaku,” ujar Gerfian selaku humas dari kedua pihak.

Ikatan sentimen para musisi Yogyakarta juga menjadi salah satu alasan kuat acara ini diselenggarakan. Acara yang berlangsung dari pukul 13.00 WIB sampai dengan 21.30 WIB ini nantinya akan dimeriahkan oleh dua belas band, di antaranya Answer Sheet, Everyday, Guyon Waton, Illona ATSP, Jono Terbakar, Korekayu, Mario Zwinkle, Megantoro, Nammara, Olski, The Finest Tree dan Sri Plecit. Disiarkan langsung dari Studio Mozza Sound dan akan di pandu oleh Alit Jabang Bayi.

Tidak hanya didukung oleh musisi-musisi dan publik figur saja, acara ini juga terlaksana dengan dukungan penuh Mozza Soundsystem, Biznet, Ninjastudios dan banyak pihak lainnya. Sedangkan siaran langsungnya bisa disaksikan di kanal Youtube Concertid secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut nantinya akan selalu diterbitkan di akun Instagram resmi @hectic_creative dan @okacreativa.

Hectic Creative dan Oka Creativa :
Email: hecticprocreative@gmail.com | creativa.oka@gmail.com
Contact/ WA: +62 851‑5630‑4476 | +62 857-1287-7713
SOCIAL MEDIA:
Instagram : @hectic_creative | @okacreativa.
YouTube: Hectic Creative Entertaiment | Oka Creativa

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website