Newsletter subscribe

ROCKSTAR ATTITUDE

“Aku Melihat Indonesia” Lagu Single Ketiga Niesya Bertemakan Kebangsaan

Posted: August 16, 2020 at 4:33 pm   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.ID – “Jikalau ‘ku mendengar kicauan burung di pucuk pohonan rindang; aku ‘tak mendengar kicauan itu.
Jikalau ‘ku mendengar nyanyian ribuan pulau bersahut-sahutan; aku ‘tak mendengar nyanyian itu.
Aku mendengar Indonesia…”

Frasa kalimat di atas adalah cuplikan teks nyanyian dari single ketiga Niesya berjudul “Aku Melihat Indonesia”. Dalam waktu dekat ini Niesya, singer-songwriter yang sedang mempersiapkan studi S2-nya di bidang Psikologi di Universitas Indonesia ini- akan mengeluarkan single ketiganya. Lagu ini dibuat khusus untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 pada bulan Agustus tahun 2020 ini. Teks lagunya sendiri merupakan interpretasi dari satu puisi yang ditulis oleh Ir. Soekarno yaitu “Aku Melihat Indonesia”.

Ketertarikan Niesya dengan tokoh presiden RI pertama kali bermula ketika ia banyak membaca tentang Soekarno dari buku-buku koleksi perpustakaan orangtuanya dan referensi dari sumber lainnya. Ia juga terlibat dalam forum diskusi daring “Soekarno Menurut Sepuluh Pemuda Pemudi”, yang digagas oleh majalah sejarah online “Historia.id” pada bulan Juni 2020 lalu. Dari forum diskusi tersebut Niesya juga mendapat liputan khusus “Nama dan Peristiwa: Penyanyi Niesya Harahap Mengagumi Kepedulian Soekarno pada Budaya” (Kompas, 15 Juni 2020).

“Dalam puisi ‘Aku Melihat Indonesia’, kita bisa melihat bagaimana kecintaan presiden Soekarno terhadap Indonesia lewat kalimat-kalimat puitis tentang keindahan alam, keberagaman budaya serta flora dan fauna. Menurut aku, puisi tersebut memperlihatkan bagaimana rasa cinta pada bangsa diungkapkan dan bagaimana gelora semangat presiden Soekarno menanamkan nasionalisme dan cinta tanah air,” demikian disampaikan Niesya. Singlenya yang ketiga ini bakal cukup berbeda dengan dua lagu yang telah diterbitkan sebelumnya, “Gundah” dan “Kepergianmu”. Kalau dua lagu sebelumnya itu lebih kuat unsur “pop music”, sedangkan single ketiga ini lebih bernuansa “folk music”.

Setelah mendapat respon yang cukup baik terhadap single pertama Niesya yang berjudul Gundah yang di produseri oleh Irwansyah Harahap (pendiri band beraliran world music Suarasama) dan Adra Karim (musisi Jazz Indonesia). dan single keduanya yang berjudul Kepergianmu, kali ini Niesya menginginkan nuansa yang berbeda dengan membuatnya menjadi lebih folk acoustic, rock ballad dengan sentuhan indie world music.

Niesya sejak kecil memang terbiasa mendengar berbagai jenis musik dari koleksi album musik dunia milik Irwansyah Harahap dan Rithaony Hutajulu. Kedua orang tuanya adalah pendiri kelompok “Suarasama” beraliran world music, yang karya-karyanya telah diterbitkan di Perancis dan USA. Sejak lima tahun belakangan ini Niesya juga terlibat dalam berbagai pementasan kelompok Suarasama di dalam dan luar negeri.

Bersama dengan grup Suarasama, Niesya telah tampil di berbagai acara seperti “Kongres Kebudayaan Indonesia 2018”, “Pasar Hamburg 2016” di Jerman, “Festival Europalia 2017” di Belanda, Belgia dan Spanyol, “Frankfurt Bookfair” di Jerman. Sekarang Niesya yang sedang melanjutkan studi Psikologi di Universitas Indonesia, sedang mencoba untuk mendalami karir sebagai solois.

Ketika ditanya tentang kendala dan tantangan yang ia alami ketika membuat lagu singlenya yang ketiga Niesya berkata, “Hal yang tersulit adalah ketika mengadaptasi karya puisi Soekarno ke dalam bait-bait lagu yang baru. Puisi aslinya memiliki rhyme yang tergolong panjang. Aku juga sesekali konsultasi dengan papa dan mamaku hingga keseluruhan lirik lagu selesai dibuat. Aku berusaha menyadurnya tanpa harus kehilangan pesan-pesan yang terkandung di puisi itu.”

Dari sisi ekspresi musik di lagunya yang ketiga ini, Niesya mengatakan digarap dengan pendekatan folk music, dengan alasan ia melihat figur Soekarno sebagai tokoh yang sangat dicintai dan merakyat. “Folk music menurutku mewakili bunyi musik yang tepat untuk mengekspresikan pesan-pesan teks puitis dalam lagu. Dan aku memilih instrumentasi rada ‘Celtic’ agar terdengar riang dan bersemangat,” ucap Niesya.

Proses pengerjaan, rekaman dan mixing lagu yang ketiga ini dilakukan di “Jack Studio Recording” dan masteringnya dilakukan oleh Dimas Pradipta di Jakarta. Album single ketiganya ini akan dirilis dan diterbitkan pada tanggal 14 Agustus 2020 ini.

Niesya sangat berharap bahwa single ketiganya ini mendapat tempat terbaik dari penikmat musik Indonesia, dan semua itu tentunya tidak akan bisa terwujud tanpa dukungan dari Rekan Rekan Media dan Music Director sekalian. Terimakasih atas perhatian dan dukungannya, semoga rekan rekan media diberikan kesehatan selalu dan semoga keadaan kita bisa membaik kembali, sehingga kita semua bisa kembali beraktifitas seperti sedia kala. Stay Safe, Stay Healthy. Salam Hangat, Niesya.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website