Newsletter subscribe

GIGS

Fuji Rock Festival 2020 Digeber di YouTube

Posted: August 21, 2020 at 9:20 pm   /   by   /   comments (2)

ROCKMAGZ.ID – Seperti yang sering kali kami katakan di beberapa artikel, bahwasannya untuk mengakali keadaan yang saat ini tidak bisa diberlangsungkan untuk menggelar konser musik luring, ada baiknya memanfaatkan wadah digital yang ada. Semisal YouTube yang saat ini menjadi tempat paling ampuh untuk menggelar konser musik secara daring. Kemudahan-kemudahan seperti inilah yang seharusnya banyak dilakukan oleh para musisi dan juga pegiat acara. Toh proses produksinya tidak seberat bila menggelar sebuah acara secara luring. Jangan takut bila tidak ada yang menonton, semua hal selalu ada penikmatnya. Apalagi dengan kecepatan akses internet di zaman sekarang, dan semakin canggihnya teknologi. Semua seakan ada di depan mata secara langsung.

Beberapa bulan ke belakang, YouTube seperti beralih fungsi dan telah berubah menjadi venue alternatif bagi banyak pertunjukan. Sejumlah konser musik secara luring dibatalkan, dan sebagai gantinya pihak penyelenggara menampilkan konser secara virtual. Seperti yang juga saat ini dilakukan oleh Fuji Rock Festival 2020. Setelah Juni lalu pihak penyelenggara mengumunkan pembatalan festival karena kian merebaknya virus Corona di Jepang, kini Fuji Rock Festival hadir dengan format live streaming bertemakan ‘Keep On Fuji Rockin’ dan akan menghadirkan sejumlah penampilan klasik dari band-band dunia yang pernah mengisi lineup di gelaran tersebut.

Festival musik tahunan terbesar di Jepang ini akan berlangsung selama tiga hari, 21-23 Agustus 2020. Arsip pertunjukan klasik dari pelbagai band dunia pun sudah disiapkan oleh penyelenggara, diantaranya Radiohead, Oasis, Red Hot Chili Peppers, Beck, Beastie Boys, The Stone Roses Foo Fighter, dan Coldplay dan akan ditayangkan secara langsung di platform YouTube secara gratis sebagai ganti festival luring yang dibatalkan.

Dikutip dari NME, pihak penyelenggara menghadirkan arsip pertunjukan dan bekerja sama dengan platform YouTube dalam gelarannya tahun ini untuk mengobati kerinduan para penggemar. Selain sebagai upaya agar terus mendorong industri pertunjukan di Jepang, festival dengan format live streaming ini juga sebagai medium nostalgia bagi para penggemar Fuji Rock Festival.

“Sayangnya, kami tidak dapat menyambut penggemar secara langsung tahun ini, tetapi kami sangat senang dapat bekerja sama dengan YouTube untuk membawa kembali kenangan indah pertunjukan Fuji Rock Festival di masa lalu dan untuk mendukung masa depan musik live di Jepang dengan edisi khusus Fuji Rock Festival tahun ini. Semua orang membutuhkan kenangan indah da kepositifan selama masa-masa sulit ini, dan kami berharap anda dapat menikmati live streaming kami tahun ini.” Terang pihak penyelenggara.

Sementara di bulan Maret lalu pihak penyelenggara sudah mengumumkan sejumlah headliner yang akan mengisi panggung Fuji Rock Festival 2020, diantaranya The Strokes, Tampe Impala, FKA Twigs, dan Disclosure, dan puluhan pengisi lainnya dan akan diselenggarakan di tanggal yang sama sebelum akhirnya dibatalkan karena besarnya resiko penuluran virus corona. Mengingat festival ikonik ini selalu membludak dikunjungi oleh banyak orang dari seluruh dunia.

Fuji Rock Festival merupakan konser musik tahunan terbesar di Jepang. Festival ini telah terselenggara dari tahun 1997 dan sudah menampilkan ratusan musisi besar dari seluruh dunia. Sepadan dengan tujuannya yaitu “The cleanest festival in the world” konsep ruang terbuka di alam bebas menjadi ciri khas dari festival ini. Setiap tahunnya festival ini digelar di Naeba Ski Resort, Yuzawa, Niigata. Kini tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk yang penasaran bagaimana Fuji Rock Festival ini terseleggara. Cukup catat tanggalnya saja dan langsung meluncur ke YouTube. Oh ya, format konser live streaming seperti ini juga pernah dihadirkan oleh pelbagai festival raksasa diseluruh dunia pada bulan-bulan lalu. Seperti oleh Lollapalooza, Tommorowland, dan Glastonburry. Mereka pun sama halnya menjalin kerja sama dengan YouTube. Menang banyak nih ya YouTube.

Comments (2)

write a comment

Comment
Name E-mail Website