Newsletter subscribe

INDUSTRIE

Cover Lagu di YouTube Bisa Terkena Pasal Undang-Undang Hak Cipta Sampai Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi?

Posted: September 4, 2020 at 6:31 pm   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.ID – Kita semua pasti pernah melihat ketika membuka aplikasi YouTube ada sekian banyak youtuber yang membuat cover lagu dari berbagai macam musisi. Akan tetapi, muncul aturan belakangan ini jika meng-cover sebuah lagu tanpa ada izin dari pihak pemilik lagu yang bersangkutan bisa dipenjara dan dikenakan denda?

Black YouTuber Indonesia maupun dari luar negeri yang meng-cover lagu tanpa lisensi diancam sanksi pidana. Tiga tahun penjara dan denda maksimal Rp500 juta. Namun, jika produk hak cipta digandakan atau dibajak, hukumannya semakin tinggi, bisa sampai 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp4 miliar.

Sebagian besar musisi turut mendukung aturan ini dengan tujuan hak cipta lagu yang mereka bikin tetap terjaga. Misalnya, Anji yang merupakan musisi sekaligus seorang pencipta lagu menanggapi hal ini dengan maksud mengedukasi para youtuber yang hendak meng-cover lagu di YouTube supaya memperhatikan hal-hal utama yang sebenarnya sangat sensitif khususnya soal hak cipta.

Pakar Hukum Pidana Ekonomi dan Hak Kekayaan Intelektual dari Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Metro, Dr.Edi Ribut Harwanto, S.H. M.H., mengungkapkan para pelanggar bisa terkena Pasal 113 UU No. 28 Tahun 2014 mengatur sanksi pidana bagi peng-cover lagu tanpa izin.

Ia juga menambahkan bukan hanya Undang-Undang Hak Cipta saja yang bisa digunakan dalam menegakan hukum pidana hak cipta, UU Perpajakan, UU PNPB, dan UU Tipikor juga ikut digunakan dalam menegakkan hukum pidana hak cipta.

“Kalau para peng-cover lagu di YouTube tidak membayar pajak ke negara juga terancam pidana tindak pidana korupsi,” tutur Edi.

Edi Ribut Harwanto berharap ke depannya jika akan melakukan penertiban terhadap para peng-cover lagu dan musik, harus dilakukan secara nasional dan tersistem, sehingga target sasarannya jelas dan terukur.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website