Newsletter subscribe

MOVEMENT

Pekan Kebudayaan Nasional 2020 Akan Digelar Secara Virtual

Posted: October 19, 2020 at 12:28 am   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.ID – Situasi pandemi tidak menghalangi gelaran Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020 untuk tetap terlaksana. Nantinya acara ini akan jadi gelaran pekan kebudayaan virtual pertama di dunia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan melaksanakan acara ini pada 31 Oktober sampai 30 November 2020 mendatang.

Pekan Kebudayaan Nasional 2020 akan menampilkan sebanyak 4.791 pekerja seni. Mereka akan terbagi dalam 27 tema konferensi, 93 pagelaran, 5 pameran, 5 kompetisi, dan 16 lokakarya yang berbeda.

Kita semua tau bahwa pandemi COVID-19 ini telah melumpuhkan berbagai sektor, salah satunya ekonomi kreatif. Maka dari itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia akan tetap menyelenggarakan acara ini walaupun secara virtual untuk memulihkannya.

Pekan Kebudayaan Nasional 2020 mengusung tema utama “Ruang Bersama Indonesia Bahagia” dengan narasi yang menekankan pada “penguatan tubuh dalam perspektif kebudayaan” (Culture Resilience). Tema PKN kali ini hendak memberikan ruang ekpresi seni dan budaya kepada masyarakat, serta sekaligus menggerakkan ekonomi budaya di tengah pandemi COVID-19. Upaya gigih penyelenggaraan acara ini adalah bukti keberpihakkan kepada seniman dan pekerja seni di dalam keadaan yang penuh kemungkinan baru, penuh kenormalan baru ini.

“Karena kita tahu persis, selama ini banyak kegiatan terhenti, tertunda bahkan batal dan pengaruhnya itu secara ekonomi bagi masing-masing pengelola juga tidak kecil. Dengan adanya regulasi harapannya pelan-pelan bisa pulih sektor-sektor di bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif,” kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Republik Indonesia, Hilmar Farid dikutip dari Medcom.

Source : kanaltigapuluh.com

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website