Newsletter subscribe

SEART-B(H)UTAN

Update! Google Assistant Kini Bisa Mendongeng

Posted: March 21, 2021 at 6:34 pm   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.ID – Perangkat asisten pintar Google Assistant kini bisa menceritakan dongeng kepada para penggunanya.

Hal ini dimaksudkan untuk memperingati Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada 20 Maret kemarin.

Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu membuka aplikasi Google Assistant.

Cukup mengatakan beberapa kata kunci seperti “Cerita sebelum tidur”, “Bacakan cerita pengantar tidur”, “Aku pengen dengar dongeng sebelum tidur” hingga “Cerita Seram”.

Setelahnya, Google Assistant bakal membacakan cerita pendek. Cerita yang disampaikan bisa dalam bentuk suara ataupun tulisan yang ditampilkan di asisten pintar tersebut.

“Kegiatan mendongeng merupakan salah satu tradisi yang cukup melekat, khususnya di kalangan keluarga Indonesia. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan mendongeng ini, salah satunya adalah dapat mendekatkan hubungan antara anak dan orang tua,” tulis Google dalam keterangannya,” Minggu (21/3/2021).

“Di era sekarang ini, teknologi hadir sebagai wadah yang dapat mengedukasi serta menginspirasi untuk setiap generasi dalam mengakses dongeng di ruang digital,” tambah Google.

Selain Google Assistant, perusahaan juga menghadirkan seri Dongeng Nusantara dalam channel YouTube Google Indonesia.

Mereka bisa menemukannya dalam playlist bernama Dongeng, yuk! #YouTubeKidsID.

Kamu juga bisa menemukan beberapa seri dongeng Indonesia seperti Roro Jonggrang dan Candi Prambanan dari Yogyakarta, Situ Bagendit dari Jawa Barat, hingga Danau Toba dari Sumatera Utara.

Hingga kini, playlist tersebut telah menampilkan 38 judul dongeng Indonesia yang dibacakan beberapa tokoh seperti Najwa Shihab (Duta Baca Nasional), Chelsea Islan, Novita Angie, Moonella dan Ibu, serta kreator konten YouTube Duo Harbatah, channel Kok Bisa?, dan masih banyak lagi.

“Ada begitu banyak nilai-nilai kebaikan yang dapat dipetik dari cerita rakyat serta dongeng Indonesia. Ayo terus lestarikan warisan budaya Indonesia, mari bersama-sama kita teruskan kebiasaan berdongeng kembali ya!” pungkas Google.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website