Newsletter subscribe

INDUSTRIE

The Melting Minds – “Digitized”

Posted: July 15, 2021 at 9:11 pm   /   by   /   comments (0)

“Ketika sudut terjauh dunia telah ditaklukkan secara teknologi dan dapat dieksploitasi secara ekonomis; ketika kejadian apapun, dimanapun, kapanpun dapat diakses secara cepat; ketika waktu tidak lain adalah kecepatan, instanitas, dan simultanitas, dan waktu sebagai sejarah telah lenyap; lalu, masih saja ada ketidaktentuan di atas semua keributan ini. Untuk apa? Kemana? Lalu bagaimana?”

Selamat datang di dunia digital, selamat bergabung di era kemudahan mengakses segala hal secara instan dalam satu genggaman layar ponsel. Saat ini kita hidup di dunia digital yang terus berkembang, sehingga teknologi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, berkembang pesatnya teknologi juga menggerus hakikat manusia yang utama yaitu sebagai makhluk sosial, kita berproses bersama manusia lainnya dengan cara berinteraksi dan bersosialisasi sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku. Ironisnya, kita semua termakan oleh kemajuan teknologi yang kita ciptakan sendiri. Intensitas interaksi secara langsung perlahan mulai tergantikan melalui layar ponsel masing-masing.

The Melting Minds: Kelompok eksperimen imajinasi yang merilis single ke empat berjudul Digitized melalui label independent Boneless Records. Lagu ini merupakan sarkasme dari manusia yang telah kehilangan entitasnya. Melihat dunia melalui layar ponsel atau komputer, kita yang berada di realitas dunia digital ini menyambut satu sama lain dengan kebanggaan bahwa dunia tempat kita hidup merupakan tempat yang paling hebat, padahal kosong, tak menentu, dan tak berarti. Kemajuan teknologi yang kita bangga-banggakan ini telah menghancurkan kaidah-kaidah kemanusiaan.

Konsep musikal Digitized menggunakan pendekatan musik psychedelic rock dengan nuansa futuristik yang absurd dengan sound design vintage nan eargasmic. Diimbangi harmoni vokal yang membius, merepresentasikan dari sudut pandang manusia yang memperkenalkan dunia digitalnya secara indah namun sebenarnya hancur berantakan yang dikemas dengan outro yang chaos.
Digitized merupakan satu penggalan cerita sekuel kedua dari tiga sekuel yang terbagi dalam album. Dan ini adalah single mereka yang keempat dalam kurun waktu kurang dari enam bulan yang merupakan single terakhir sebelum album yang nantinya akan dirilis tahun 2021.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website