Newsletter subscribe

MOVEMENT

Sounds From the Corner Gulirkan Program Solidaritas “100 Untuk 100”

Posted: August 28, 2021 at 8:25 pm   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.id – Badai bernama Covid-19 telah berhasil meluluhlantakan pelbagai sektor industri dan segala macam aktivitas di dalamnya. Tak terkecuali industri hiburan. Sejak Maret tahun lalu, ketika pemerintah Indonesia mulai memberlakukan pembatasan jarak sosial untuk menekan penyebaran virus, secara otomatis segala gelaran yang berpotensi menciptakan kerumunan pun dengan terpaksa harus dibatalkan maupun ditunda sampai waktu yang tak bisa ditentukan . Tak hanya para penyelenggara acara saja yang terimbas dari wabah ini, namun para musisi, kru musik, penata lampu, vendor sound system dan lain sebagainnya turut terkena imbas.

Berbagai upaya pun sudah dilakukan, termasuk berbagai gerakan solidaritas. Termasuk yang saat ini dilakukan oleh kolektif musik Sounds From the Corner yang merilis program 100 Untuk 100 yang ditujukan untuk membantu pekerja industri musik di Indonesia yang terdampak pandemi Covid 19. Bekerja sama dengan inisiatif pendistribusian Bagirata, Sounds From The Corner akan mendonasikan Rp 100,000,000 untuk 100 orang pekerja musik di Indonesia.

“Sejak awal pandemi, Industri pertunjukkan musik jadi pertama yang ‘terpaksa tutup’ dan kemungkinan besar jadi yang terakhir dibuka, ketika mimpi buruk ini berakhir. Melalui 100 Untuk 100, kami ingin sedikit bantu meringankan beban kawan-kawan pekerja musik se-Indonesia,” jelas Teguh Wicaksono, co-founder Sounds From The Corner. “Eksistensi Sounds From The Corner sangat amat bergantung kepada scene lokal, kami harap ini bisa jadi simbol rasa terima kasih kami 9 tahun terakhir,” sambungnya.

Sedangkan untuk programnya sendiri, “100 Untuk 100” akan berlangsung selama bulan Agustus dan September 2021. Untuk skemanya, inisiatif ini dibagi menjadi dua periode: Periode pertama berlangsung di akhir Agustus untuk 50 orang penerima dana. Periode kedua akan berlangsung di akhir September untuk 50 orang sisanya.

Sounds From The Corner bermitra dengan Bagirata untuk melakukan proses aplikasi, verifikasi dan distribusi dana. Pekerja musik yang ingin mendaftarkan diri bisa melalui website Bagirata di www.bagirata.id. Untuk pihak lain yang ingin berpartisipasi sebagai pengirim, SFTC menyediakan nomor rekening yang akan menghimpun dana, nantinya akan disalurkan secara merata kepada pekerja musik yang terdata di Bagirata.

“Para pekerja di industri musik dan pertunjukan tergolong rentan secara finansial, tidak hanya musisi selaku pelaku utamanya, tapi juga ke seluruh ekosistemnya,” jelas Lody Andrian, co-founder dari Bagirata. “Salah satu tantangan utamanya adalah kebanyakan dari mereka tidak terdaftar dalam lembaga formal, sehingga sulit untuk menjangkau stimulus bantuan dari pemerintah. Maka dari itu, 100 Untuk 100 menjadi gerakan yang penting dalam menjaring dan merangkul para pekerja di sektor tersebut agar bisa bertahan hidup melewati krisis ini.”

Jika kalian ingin terlibat dalam gerakan ini kalian bisa melihat syarat dan ketentuannya di sini. Dan jika ada hal yang ingin ditanyakan kalian bisa melayangkan pertanyaan lebih jauh via email ke contact@soundsfromthecorner.com.

Sounds From The Corner (SFTC) sendiri merupakan kolektif pengarsipan musik Indonesia yang sudah beroperasi sejak 2012. Selama berjalan, setidaknya SFTC sudah mengarsipkan lebih dari 300 musisi dan mengunggah lebih dari 1000 video penampilan musik Indonesia. Sedangkan Bagirata adalah platform subsidi silang antar warga, untuk memikul beban finansial para pekerja terdampak ekonomi pandemi Covid-19. Bagirata dirancang untuk menjadi jaring pengaman sosial bagi populasi pekerja rentan yang tidak masuk dalam kriteria bantuan pemerintah. Sejak dirilisnya pada bulan Maret 2020, Bagirata telah memfasilitasi lebih dari 10.000 transaksi subsidi silang antar warga, ke lebih dari 3.500 pekerja di Indonesia.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website