Efek Rumah Kaca & Plainsong Live Gelar Pertunjukan Rimpang

ROCKMAGZ.id – Kabar baik yang dinanti, segera tiba: Efek Rumah Kaca akan mempresentasikan seluruh materi di album terbaru mereka, “Rimpang“, untuk pertama kalinya. Pada Kamis, 27 Juli 2023 mendatang, Efek Rumah Kaca akan menggelar pertunjukan pesta rilis album “Rimpang” di Stadion Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan.

Menurut rencana, Efek Rumah Kaca akan memainkan sebuah set panjang yang durasi minimalnya 150 menit. Seluruh lagu di album “Rimpang” (dan materi-materi lama) akan dimainkan. “Rimpang” adalah album penuh keempat Efek Rumah Kaca yang dirilis pada 27 Januari 2023. Album ini berisi 10 lagu yang digarap dengan pendekatan yang lebih kompleks tapi segar. Rimpang menjadi menjadi babak baru mereka, terutama lewat keberadaan personil baru, Reza Ryan, yang berperan besar dalam pengambilan arah musikal Efek Rumah Kaca yang dinikmati publik hari ini.

Efek Rumah Kaca sendiri beranggotakan Cholil Mahmud, Poppie Airil, Akbar Bagus Sudibyo. Di penampilan live, band ini mempunyai sejumlah musisi tambahan yang sudah bermain bersama selama beberapa tahun terakhir, Agustinus Panji Mahardika, Cempaka Surakusumah, Gracia Andrea, Irma Hidayana, Muhammad Asranur, dan Nastasha Abigail. Pertunjukan “Rimpang” akan menjadi kesempatan perdana bagi Efek Rumah Kaca untuk memainkan materi-materi dari album tersebut.

Ini juga berarti jadi pengalaman eksklusif untuk penonton guna menyaksikannya secara penuh di kali pertama. “Dalam pola kerja kami, menggarap lagu di studio selalu memiliki kebebasan teknis yang luar biasa lebar. Kadang, tidak pernah berpikir dulu bagaimana memainkannya di atas panggung karena pendekatan artistik yang berbeda.

Rekaman ya rekaman, main live ya main live. Perlu waktu untuk mempersiapkan semuanya supaya bisa dimainkan. Ada beberapa elemen yang perlu disesuaikan, atau malah bertemu dengan pendekatan suara dan aransemen yang beda,” terang Reza Ryan.

Efek Rumah Kaca berkolaborasi dengan Plainsong Live, promotor asal Jakarta yang dikenal luas karena festival penuh kesenangan Joyland Festival, untuk mengerjakan pertunjukan “Rimpang”. “Plainsong Live adalah sekumpulan orang yang sama seperti banyak sekali penggemar musik di Indonesia yang menggandrungi Efek Rumah Kaca dengan kadar yang tidak wajar. Jadi, ketika ada peluang untuk menggelar Pertunjukan Rimpang, ya langsung kami buat saja,” ujar Ferry Darmawan dari Plainsong Live.

Pertunjukan “Rimpang” adalah sebuah konser yang dibuat oleh sekumpulan penggemar bagi banyak penggemar lain. “Dan benar, kami tidak melakukan promosi yang masif di penjualan perdana kemarin. Secukupnya saja via media sosial, tapi disambut publik dengan sangat antusias. Per 1 Juni 2023, kami sudah menjual 60% tiket dari kapasitas yang tersedia. Beberapa kelas bahkan tiketnya sudah terjual habis.” tambahnya lagi.

Pertunjukan “Rimpang” berkapasitas 4.000 orang. Calon penonton kini hanya tinggal bisa memilih kelas tipe Festival (Rp 388.000,-), Tribune B (Rp 358.000,-), Tribune C (Rp 298.000,-) di www.plainsonglive.id/erk. Kelas lain sudah habis terjual dan tidak tersedia. “Kerja dengan Plainsong Live selalu menyenangkan. Sudah sama-sama kenal, jadi keinginan masing-masing juga bisa dikejar dengan mudah. Yang paling penting, bagi Efek Rumah Kaca, materi album “Rimpang” perlu dipresentasikan dengan baik supaya pesan yang dikandungnya juga sampai pada publik,” sambung Cholil Mahmud.

“Kami ingin idenya menjalar dan membawa pengalaman yang terekam baik untuk semua orang yang hadir nanti,” tambah Poppie Airil. Ferry Dermawan menutup pernyataan sekaligus mengundang publik untuk menghadiri pertunjukan “Rimpang” pada 27 Juli 2023 nanti, “Semoga jadwal aman dan bisa mendapatkan tiket. Kesempatan ini adalah sesuatu yang langka di mana Efek Rumah Kaca untuk pertama kalinya memainkan album baru dalam versi utuh. Ditunggu kedatangannya di Stadion Tennis Indoor Senayan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *