Newsletter subscribe

SEART-B(H)UTAN

Kaleidoskop 2020: Deretan Konser Galang Dana Buat Lawan Covid-19

Posted: Januari 1, 2021 pukul 8:26 pm   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.ID – Sejumlah musisi Tanah Air telah melangsungkan konser virtual untuk galang dana imbas pandemi COVID-19. Mulai dari Ariel NOAH hingga Didi Kempot.

Konser virtual tersebut kebanyakan diikuti penyanyi-penyanyi yang tak hanya sekali mengikhlaskan suaranya demi mengajak orang-orang berdonasi membantu para tenaga medis. Terutama untuk membantu memenuhi kebutuhan APD (Alat Pelindung Diri).

Selain itu, konser penggalangan dana ditujukkan untuk pengadaan alat sterilisasi di sekolah, rumah sakit, dan masjid. Termasuk membantu orang-orang yang kehilangan pekerjaan di tengah wabah Corona COVID-19.

Berikut sederet musisi galang dana lewat konser virtual sepanjang 2020.

1. Ariel NOAH

Ariel NOAH melangsungkan konser virtual di rumah di awal pandemi Covid-19 dan melelang sepatunya untuk disumbangkan. Ia membawakan lagu Yang Terdalam versi Akustik menggunakan gitar.

Kemudian, Ariel bersama personel NOAH juga menggalang dana untuk crew band Indonesia terdampak Covid-19 dengan melelang Vinyl Special Gold Edition dari album Keterkaitan Keterikatan di perayaan ulang tahun grup musik NOAH yang ke-8 pada 16 September 2020.

Di luar dugaan ternyata NOAH berhasil mengumpulkan donasi total Rp 700 Juta dari hasil donasi orang-orang dan harga lelang vinyl. Hasil dari lelangnya itu pun diberikan kepada komunitas Crew Band Indonesia yang terkena dampak pandemi COVID-19.

2. Raisa

Raisa Andriana genap berusia 30 tahun pada Sabtu (6/6/2020). Pada umurnya yang baru, Raisa tampil di “Konser Amal di Rumah Aja #BersamaMandiri” guna menggalang donasi untuk masyarakat yang perekonomiannya terdampak pandemi Covid-19.

3. Yovie and Friends

Kolaborasi konser virtual antara Yovie and His Friend juga tidak kalah menarik. Cinta Untuk Pejuang Covid-19! ‘Yovie Love Song’ Dari Yovie Widianto & His Friends merupakan Konser Amal Satu Indonesia yang tayang digelar streaming 10 Mei 2020 lalu.

4. Addie MS

Lagu Nasional juga turut mewarnai konser virtual galang dana Konser Amal Satu Indonesia. Lagu Tanah Airku dibawakan oleh Rossa secara live orksetra dalam kolaborasi virtualnya bersama Addie MS bersama Twilite Orchesta and Chorus.
Sebelumnya, melalui benihbaik.com, donasi Addie MS terkumpul Rp 96 juta lebih. Di situs ini, Addie MS bekerja sama dengan RS Pelni untuk pengadaan masker.

5. Andi Rianto

Andi Rianto membuat gerakan solidaritas Konser Satu Cara pada 9-10 April 2020 bersama musisi dan selebriti lain. Acara tersebut bersamaan dengan launching lagu Satu Cara yang digubahnya bersama sutradara Monty Tiwa.

Beberapa artis dan musisi yang terlibat antara lain Raisa, Titi DJ, Marcell, Vidi Aldiano, Prilly Latuconsina dan masih banyak lagi. Mereka tampil membawakan lagu dari rumah masing-masing untuk menggalang dana bagi para tenaga medis yang berjuang.

Konser online yang menghadirkan berbagai musisi ini mengumpulkan dana donasi Covid-19 mencapai Rp 206,7 juta.

6. Najwa Shihab dan Sejumlah Musisi Indonesia

Konser musik #dirumahaja berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 9 miliar selama empat hari digelar 25-29 Maret 2020. Co-Founder Narasi, Najwa Shihab menyebut langkahnya untuk menggelar Konser Musik #dirumahaja adalah untuk menggalang dana demi membantu penanganan Corona di Indonesia.

Konser tersebut melibatkan sejumlah musisi Tanah Air antara lain Iwan Fals, Tulus, Didi Kempot, konser ini juga diramaikan sejumlah musisi tanah air ternama, seperti Andmesh, Anji, Armand Maulana, Fourtwnty.

Kemudian Hivi, Judika, Ridho Hafiedz & Kaka, Eva Celia, Rossa, Afgan, Vidi Aldiano, Gamaliel, Hindia, Ariel Noah, Yura Yunita, Kunto Aji, Barasuara, Raisa, Ardhito Pramono, Rendy Pandugo, Petra Sihombing, Ari Lasso, Tri Lestari.

7. Didi Kempot

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Didi Kempot sempat menggalang donasi untuk masyarakat wilayah yang terdampak langsung pandemi virus corona atau Covid-19.

Bertajuk “Konser Amal dari Rumah” acara itu digelar pada Sabtu (11/4/2020) yang disiarkan langsung oleh KompasTV. Dari konser itu pula, penyanyi campur sari Didi Kempot berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 7,6 miliar.

8. Rhoma Irama

Konser penggalangan dana juga digelar oleh raja dangdut Tanah Air, Rhoma Irama dengan tajuk “Musik Amal dari Rumah”. Konser yang digelar pada Sabtu 25 April 2020 lalu tersebut berhasil mengumpulkan dana menyentuh angka Rp 773,6 juta.

9. Konser Bantu Bangsa Lewat Nada

Diinisiasi oleh PT Pegadaian Persero, konser amal yang bertajuk “Bantu Bangsa Lewat Nada” menghadirkan berbagai musisi Tanah Air. Konser yang digelar secara online di kanal YouTube milik Pegadaian pada 18 April 2020 lalu tersebut berhasil mengumpulkan dana mencapai Rp 2 miliar.

Dalam konser tersebut hadir musisi dengan berbagai latar belakang mulai dari Opick, Yuni Shara, Maliq & D’Essentials, Didi Kempot dan banyak lagi.

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website