Newsletter subscribe

MOVEMENT

Pentas Harmoni Pencak Silat & Musik

Posted: Januari 10, 2022 pukul 2:04 pm   /   by   /   comments (0)

ROCKMAGZ.id – Bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya. Kolaborasi dengan aset budaya tradisional juga bisa dikemas secara modern dan kekinian lewat kolaborasi yang menawan, lho. Salah satunya adalah kolaborasi pencak silat dan musik seperti rangkaian event yang digelar oleh Jawara Patra pada November – Desember 2021 lalu.

Bagi yang belum tahu, Jawara Patra adalah platform komunitas yang tangguh, mantap, dan mendukung pengembangan diri dan komunitas para jawaranya agar memberikan manfaat bagi lingkungan daerahnya. Menutup tahun 2021 kemarin, Jawara Patra menggelar rangkaian activity menarik sebagai wujud nyata estafetkan mantapnya persaudaraan lewat kolaborasi komunitas pencak silat dan musik yang Berani Diadu. Intip highlight kemeriahannya, yuk!

Kompetisi Video Kolaborasi Komunitas Pencak Silat dan Pemusik se-Nusantara

Mengusung semangat estafetkan mantapnya persaudaraan, Jawara Patra menghadirkan sebuah kompetisi video yang melibatkan kolaborasi komunitas pencak silat dan pemusik se-nusantara yang diadakan pada 19 November – 12 Desember 2021 lalu. Lewat kompetisi video ini, ada 2 kategori yang bisa diikuti yaitu Grup Pencak Silat & Musik atau Grup Pencak Silat Terbaik. Peserta yang mengikuti video kompetisi tersebut ditantang memadukan gerakan pencak silat dan iringan musik dalam sebuah video dengan durasi 3-5 menit.

Bagi yang memilih kategori Grup Pencak Silat & Musik wajib menampilkan pemain pencak silat dan pemusik dalam satu video secara bersamaan. Sementara Grup Pencak Silat Terbaik hanya menampilkan grup pesilat tanpa pemain musik. Jadi, musik yang digunakan boleh berasal dari rekaman pilihan sendiri atau yang disediakan penyelenggara.

Kompetisi video ini diikuti oleh puluhan komunitas pencak silat dan pemusik di tanah air. Masing-masing menampilkan kolaborasi apik antara gerakan silat dan harmonisasi musik yang membuat aksi mereka makin berkesan. Kompetisi ini juga didukung oleh Denny Aprisani, atlet nasional pencak silat Indonesia asal Palembang yang juga menjadi juri tamu di Malam Final.

Malam Final Pentas Harmoni Pencak Silat & Musik
Setelah kompetisi video ditutup pada 12 Desember 2021 lalu, Komite Jawara Patra mengumumkan Top 9 Finalis terbaik yang mengikuti online voting 3 hari sebelum malam final. Online voting ini dilakukan sebagai penentuan Grup Terfavorit yang jadi pilihan audiens yang telah berpartisipasi lewat like, komentar dukungan dan share di akun Instagram @jawara.patra.

Dalam gelaran Malam Final Pentas Harmoni Pencak Silat & Musik yang berlangsung pada 19 Desember 2021 lalu, 6 Grup Pencak Silat & Musik serta 3 Grup Pencak Silat terbaik tampil membawakan aksi panggung terbaik mereka. Masing-masing memeragakan gerakan silat yang berkolaborasi dengan musik sehingga menjadi sebuah pertunjukan yang menarik, keren, dan menghibur yang disiarkan secara live di Instagram dan Youtube Jawara Patra.

Selain menampilkan aksi keren dari TOP 9 finalis, malam final tersebut juga dihadiri oleh juri dan perwakilan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) serta juri tamu Denny Aprisani.
Setelah sukses menampilkan aksi terbaik mereka, akhirnya terpilih para pemenang Pentas Harmoni Silat & Musik yang digelar Jawara Patra. Berikut daftar lengkapnya:

3 Pemenang Grup Pencak Silat & Musik:
– Putra Giri Kusuma – Putra Kedaton dari Jawa Barat
– Cakra Kembang – Jawa Tengah
– Pagar Nusa Kediri – Jawa Timur

1 Pemenang Grup Pencak Silat Terbaik:
– Tatariksa – Jawa Barat

1 Pemenang Grup Terfavorit (berdasarkan hasil voting):
– Pagar Nusa Kediri – Jawa Timur

Wah, nggak nyangka ya ternyata kolaborasi silat dan musik dapat menghasilkan pertunjukan atraktif yang layak mendapatkan apresiasi tinggi! Selamat buat para Jawara yang sudah berhasil menjadi pemenangnya.

Ikuti keseruan kegiatan Jawara Patra lainnya di Facebook Fan Page Jawara Patra, akun Instagram @jawara.patra, dan Facebook

Comments (0)

write a comment

Comment
Name E-mail Website