Rock In Celebes 2023 Siap Kembali Digelar, Catat Tanggalnya!

ROCKMAGZ.id – Rock In Celebes Edisi ke-14 bakal kembali digelar. Event ini akan menawarkan pertunjukan musik selama dua hari.

RIC melakukan audisi khusus band lokal, total ada 13 band hasil audisi RIC yang bakal ikut tampil di Parking Lot Ambalat Trans Studio Makassar, 28-29 Oktober 2023 mendatang.

Pengelola Rock In Celebes, Andi Muh Ikhlas mengatakan ada ratusan band yang mendaftar tetapi dikurasi menjadi 37 band. Kemudian disaring lagi hingga menjadi 13 band.

“Mereka yang terpilih ini karena RIC memilai ada standar dalam bermain musik. Lalu dilihat potensial dan memiliki pergerakan lumayan masif untuk belantika musik kedepan,” ucapnya saat ditemui di Makassar Golden Hotel, Sabtu, 8 Oktober.

Kata Iko sapannya, mereka digadang-gadang menjadi band besar kedepannya. Apalagi saat ini mereka sudah memiliki karya atau lagu yang bakal mereka bawakan nanti pas hari H.

“Sebetulnya kita mau ambil 20 band, tapi kuotanya memang terbatas tahun ini hanya bisa 13 band. Naik dari tahun lalu yang hanya 8 band,” ucapnya.

Owner dan Pelaksana RIC, Hardinansyah Putra Siji mengatakan tahun ini ada satellite Show seri Live Audition. Tersebar 6 titik Kota di Sulawesi seperti Makassar, Bone, Parepare, Kendari, dan Palu.

Kota tersebut jadi lokasi panggung penjaringan bagi musisi potensial yang siap membesar dengan warna musik beragam.

“Nah 13 nama band yang telah tersaring dalam audisi ini berkesempatan jadi penampil tuan rumah dalam pertunjukan utama,” ucapnya.

Kata Ardi, total 13 peserta ini bakal dibagi tampil ditiga panggung. Hari pertama ada enam band yang tampil, sisanya hari kedua.

Mereka yang terpilih yakni empat peserta terpilih yang semuanya berasal dari Makassar. Ephemeral Queen, Lalu Lycka, Addict Motion, dan Barania. Kemudian ada dari Bone, Enko 1995, dan Feel Sunday.

Sementara audisi yang berlangsung 10 September 2023 di Yops-Parepare, lagi-lagi ada empat nama yang terjaring. Mereka adalah Akar Langit (Parepare), Empat Titik Nol (Palopo), Pintu Merah (Palopo), juga Mae Karaeng (Toraja).

Audisi yang berlanjut Di Coffe-Kendari pada 16 September 2023, menambahkan satu band Kendari, Saily. Sedangkan dari titik Sub Plaza-Palu pada 23 September 2023, kembali menarik dua nama, Temprament Navigasi (Poso), dan Sejuk Sendu (Palu).

Pihak Eastern Integrated RIC, Baso Nurfitri mengatakan dari segi audio tahun ini level audio visual lebih naik dan soulnya lebih menyentuh.

“Kami mesti menegaskan kembali soal keengganan terjebak pada batasan terma Rock sebagai genre. Tapi, lebih dekat pada penafsiran Rock sebagai gaya hidup, semangat, atau gairah”, ucapnya.

Lalu bakal tampil para solois bersuara emas seperti Nadin Amizah, David Bayu dan Pamungkas. Grup independen dengan warna musik unik nan lawas seperti The Upstairs dan The Adams, Talenta baru yang di gandrungi saat ini Soegi Bornean dan The Jansen, hingga yang punya potensi menaklukkan pasar musik dunia, Grrrl Gang.

Para dedengkot dari spektrum musik keras termasuk Noxa, Kemunal, Darksovls, hingga sang legenda MxPx yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat.

Juga sederet nama lain yang diumumkan segera. Semuanya bakal tampil dalam helatan yang sama, di tiga panggung penuh dan simultan dalam 2 hari, akan menjadi pengalaman yang memuaskan.

Ketgam : Para penyelenggara Rock In Celebes mengumumkan jika ada 13 band hasil audisi yang bakal memeriahkan panggung RIC, di Parking Lot Ambalat Trans Studio Makassar, 28-29 Oktober 2023 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *