Satu Dekade Prambanan Jazz Festival Hadirkan 3 Panggung Selama 3 Hari

ROCKMAGZ.id – Prambanan Jazz Festival, merupakan perayaan musik berskala Internasional yang pertama kali digelar sejak 9 tahun silam (2015) di Candi Prambanan, Yogyakarta. Sebuah mimpi yang terwujud atas proses kolaborasi mahakarya Candi Prambanan sebagai World Heritage dengan karya seni musik yang dimiliki oleh musisi legendaris Internasional dan Nasional yang pernah dihadirkan.

Prambanan Jazz Festival akan diselenggarakan selama 3 hari di Candi Prambanan Yogyakarta yaitu pada tanggal 5, 6 dan 7 Juli 2024 dan kembali menghadirkan ragam musisi ternama tanah air maupun internasional pada 5-7 Juli 2024 nanti. Penjualan tiket secara resmi tersedia melalui aplikasi Traveloka atau dapat juga diakses di www.prambananjazz.com.

Tidak hanya musisi nasional dan mancanegara saja yang dapat tampil di panggung Prambanan Jazz Festival, namun juga penampilan “emerging talent” tanah air. Selain itu ada juga kesempatan untuk Local Hero bisa tampil dalam “submission program” seperti yang pernah dilakukan yaitu, Borneo Goes to Prambanan Jazz, Jawara Jakarta, Baku Nada serta audisi untuk anak-anak remaja mulai dari usia 7 hingga 16 tahun dalam program I’m Jazz A Kids. “Kolaborasi penampilan artis di atas panggung Prambanan Jazz akan menjadi sajian yang segar dan spesial untuk pjf lovers yang hadir, yang pasti kolaborasi khusus ini hanya bisa ditemui di Prambanan Jazz Festival.” tambah Anas.

Pembeda dengan tahun sebelumnya yaitu, tahun ini Prambanan Jazz akan menghadirkan 3 panggung di kawasan candi prambanan, yaitu Panggung Special Show, Panggung Festival dan Panggung NAVASRPM. Hal ini sebagai bentuk respon Prambanan Jazz untuk bisa mengajak PJF Lovers untuk menikmati kebersamaan ini dalam berbagai macam pilihan penampil. “Panggung Special Show” akan hadir kembali untuk memberikan perayaan kebersamaan ini secara intim dan eksklusif bersama dengan line up pilihan.

Anas menambahkan, “Panggung NAVASRPM ini adalah area baru yang untuk pertama kalinya di luar area panggung tahun-tahun sebelumnya. Panggung ini akan menyambut kedatangan PJF Lovers saat pertama kali masuk di area Prambanan Jazz, dengan line up yang menarik persembahan dari RPM.” Panggung NAVASRPM adalah sebuah kolaborasi antara RPM Records yang bergerak dibidang musik dengan line up terbaiknya dan NAVAS Asia yang bergerak dibidang event experience organizer akan bersama-sama mempersembahkan keunikan dari panggung NAVASRPM dan memeriahkan pergelaran Prambanan Jazz kali ini. Kolaborasi antara Octavianus Panggabean (CEO RPM Records) dan Laras Wasprapita (CEO Navas Asia) akan menyambut PJF Lovers tahun ini di panggung NAVASRPM. “Kami sangat senang sekali bisa berkolaborasi dengan Prambanan Jazz Festival tahun ini, tentunya hal ini bisa jadi bentuk pertunjukan yang menarik untuk bisa mengenalkan musisi-musisi kami sekaligus menjadi ajang bertemunya musisi kami langsung dengan penggemarnya di Panggung NAVASRPM.”

SATU DEKADE BERSAMA, akan mengakomodir seluruh penonton dan penampil dari berbagai macam kota, negara dengan membawa berbagai macam budaya, bahasa dan busana. Hal ini yang secara tidak langsung akan memberikan pertukaran visual, verbal, energi yang kuat dan melekat. Satu Dekade Bersama ini sebagai bentuk respon “langgengnya” acara ini mulai dari pekerja seni yang terlibat hingga penampil serta penonton yang hadir di dalam satu dekade bersama Prambanan Jazz. Kolaborasi bersama dengan sponsor, seniman, pekerja seni, UMKM, serta seluruh pihak yang terlibat tentunya akan menjadi sinergi yang indah dalam kebersamaan menikmati musik yang menggema di langit Candi Prambanan.

Prambanan Jazz menjadi pionir “family friendly event” yang ramah anak dan disabilitas. Tentunya hal ini didukung dengan fasilitas yang memadai, mulai dari toilet, mushola, ruang laktasi, kids area atau playground, dengan area bebas asap rokok. Hal ini juga didukung oleh aturan UNESCO dengan regulasinya bahwa di area Candi Prambanan menjadi kawasan wisata bebas asap rokok.

“Yang menjadi pembeda dengan festival sebelumnya, pada perayaan Satu Dekade Bersama, Prambanan Jazz akan memberikan sebuah wahana permainan seperti bianglala di “playing area”. Tentunya dengan fasilitas yang nyaman, kebersamaan ini bisa dirasakan untuk seluruh keluarga, sahabat dan orang terkasih yang hadir bersama menemani untuk menyaksikan Prambanan Jazz Festival kali ini.” Ucap Project Manager Prambanan Jazz, Candrari Ceri.

Prambanan Jazz Festival kembali hadir sebagai “Melting Pot” pariwisata di Jogjakarta. Tentunya ini akan menjadi magnet untuk seluruh wisatawan dan pecinta musik seluruh penjuru dunia. Prambanan Jazz Festival akan berusaha menyatukan seluruh pelaku ekonomi di wilayah jogja dan sekitarnya untuk bisa merasakan efek domino dari diselenggarakannya konser musik kelas dunia ini. “Kami akan siapkan semua kuliner kekinian, kekunoan serta kerajinan khas jogja di Prambanan Jazz Festival selama 3 hari, dan mari nikmati seluruh fasilitas yang kami siapkan spesial buat PJF Lovers.” Tutup Anas.

Hal ini tentunya mendapat dukungan penuh dari pihak PT TWC (PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko) selaku promotor yang bekerjasama dengan Rajawali Indonesia. Seperti yang diucap oleh Febrina Intan – Direktur Utama PT TWC “Satu dekade Prambanan Jazz Festival sudah berjalan dan menjadi kebanggaan bagi kami dalam memberikan pertunjukan musik yang berbeda berbalut kemegahan Candi Prambanan kepada seluruh penikmat musik di Tanah Air. Terlebih, penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival ini selaras dengan nafas Candi Prambanan sebagai destinasi yang inklusif dan harmonis.”

Disamping itu, Febrina Intan juga berharap penyelenggaraan Prambanan Jazz pada tahun ke-10 ini tidak hanya lagi sebagai salah satu bentuk perayaan festival musik, tetapi juga turut berpengaruh pada perkembangan pariwisata di Candi Prambanan juga DIY Jateng secara keseluruhan.

Senior Vice President Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto turut menambahkan “Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari acara musik Prambanan Jazz Festival. bank bjb berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan industri kreatif di dalam negeri, termasuk acara konser musik. Kami memberikan kesempatan kepada nasabah eksisting maupun calon nasabah baru untuk mengakses berbagai program menarik serta promo yang diberikan bank bjb melalui produk-produk unggulan seperti bjb Tandamata, bjb Siap, bjb Prioritas dan lainnya.” ujar Widi.

Karena itu, ia mengajak masyarakat untuk datang dan menikmati berbagai keseruan dan promo yang dihadirkan bank bjb di acara Prambanan Jazz Festival. “Segera kunjungi kantor cabang bank bjb terdekat untuk mendapatkan program eksklusif menabung dapat tiket mulai tanggal 1 Februari 2024, untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi bank bjb www.bankbjb.co.id.” kata Widi.

Sebagai informasi, bank bjb juga telah hadir di wilayah Prambanan melalui Kantor Cabang Pembantu (KCP) Prambanan yang beralamat di Jalan Raya Solo-Jogja KM 17 Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten untuk dapat melayani masyarakat sekitarnya, dan diharapkan dapat berkontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah melalui layanan yang cepat dan inovatif.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menyampaikan, “Pertamina sebagai salah satu BUMN turut mendukung industri kreatif salah satunya melalui festival musik. Dukungan ini menjadi salah satu bentuk kontribusi kami dalam sektor pariwisata khususnya di situs budaya Candi Prambanan. Sejalan dengan semangat Pertamina “Energizing You” dukungan Pertamina dalam Prambanan Jazz ini diharapkan dapat memberikan energi bagi industri seni kreatif untuk terus tumbuh, berkembang, menciptakan multiplier effect yang positif baik di lokal dan juga wilayah sekitarnya.”

Iko Putera, CEO of Transport, Traveloka menyatakan,“Traveloka turut bangga menjadi mitra resmi eksklusif penjualan tiket Prambanan Jazz Festival 2024. Sebagai platform travel terdepan di Asia Tenggara, kami berkomitmen untuk menjadi solusi lengkap dalam merencanakan perjalanan para penggemar musik jazz untuk menikmati acara Prambanan Jazz Festival. Kemudahan yang dapat diakses para konsumen mulai dari pemesanan tiket konser, tiket perjalanan hingga hotel dalam satu platform. Sebagai teman setia dalam perjalanan, Traveloka terus berupaya untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen, memastikan setiap momen di Prambanan Jazz Festival menjadi lebih istimewa dan tak terlupakan.”

Pada akhirnya, Satu Dekade Bersama adalah perayaan atas respon kami yang ingin merayakan semua kebersamaan yang terjadi dalam 10 tahun Prambanan Jazz Festival di tahun 2024 ini dengan harapan bisa kita ingat, rawat dan lestarikan bersama.

Simak informasi terkait penyelenggaraan Prambanan Jazz Festival 2024 dapat di akses di www.prambananjazz.com dan sosial media @prambananjazz (Instagram, X, Facebook), @prambananjazzfestival (Tiktok, Youtube) dan hotline 082226664343.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *